Spanyol, Negara Sang Juara Piala Euro 2008

22 Aug 2008

Bagi para penggemar olah-raga khususnya Sepakbola tentunya sudah mengetahui bahwa Spanyol telah menjuarai Piala Euro 2008 setelah di Final mengalahkan Jerman dengan score 1-0. Demikian juga untuk penggemar MotoGP, pembalap Dany Pedrosa berasal dari Negara ini, juga dengan mantan Juara Dunia Formula-1 Fernando Alonso. Nah, kali ini aku akan menuliskan tentang Kerajaan Spanyol yang tentunya Bendera negara ini sudah aku dapatkan karena para Blogger dari Negara ini juga mudah kalau di “undang” untuk datang ke Blog kita.

Bendera SpanyolLambang Negara Spanyolmap Spanyol

Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol dan Galisia: Reino de Espaa, Katalan: Regne d’Espanya, Basque: Espainiako Erresuma) adalah sebuah negara di Eropa Barat Daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pyrenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.

Kerajaan Spanyol dengan Ibukota-nya Madrid yang merupakan kota terbesar di Negara ini adalah suatu Negara yang menganut system pemerintahannya dengan Monarki Parlementer dimana Sang Raja nya adalah Pangeran Juan Carlos I. Bahasa resmi Negara ini sama dengan nama negara nya yaitu bahasa Spanyol dan Lagu Kebangsaan nya berjudul : Marcha Real. Negara ini mempunyai total wilayah seluas 504.782 km persegi dan jumlah penduduknya sebanyak 44.395.286 jiwa (perkiraan tahun 2006) dengan tingkat kepadatan penduduknya sekitar 85 jiwa per km perseginya. Selanjutnya Pendapatan kotor negara ini adalah sebesar US$1.026.340 juta dengan pendapatan per kapitanya sebesar US$24.803 . Sebagai anggota Uni-Eropa maka Spanyol menggunakan mata uang Euro.

Sumber : wikipedia.


TAGS


-

Author

Follow Me