New Zealand, Negara Kiwi.

29 Aug 2008

Sebenarnya aku ingin menuliskan artikel tentang New Zealand ini sejak 2 minggu yang lalu ketika aku mendapatkan benderanya sebagai bendera ke 102 yang masuk ke Blog ku, namun dengan situasi memperingati Hari Kemerdekaan RI aku menundanya dan baru sekarang aku bisa menuliskannya.

Bendera New ZealandLambang Negara New ZealandLokasi New Zealand

New Zealand atau dalam sebutan bahasa Indonesia adalah Selandia Baru yang juga dalam bahasa Maori disebut Aotearoa (artinya Tanah Awan Putih Panjang), adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Pasifik di tenggara Australia. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau kecil lainnya. Selandia Baru adalah negara demokrasi parlementer dan sebuah wilayah Persemakmuran Inggris (Commonwealth Realm). Selandia Baru bertanggung jawab atas negara pemerintah-sendiri Kepulauan Cook dan Niue serta mengatur Tokelau dan Dependensi Ross. Sedangkan Nama Selandia Baru diambil dari provinsi Zeeland di Belanda. Nama ini diberikan oleh Albert Tasman seorang penjelajah dari Belanda.

Sebagai Negara Persemakmuran Inggris, maka sebagai Kepala Negara New Zealand adalah Ratu Elizabeth II, yang selanjutnya diwakili oleh seorang pejabat setingkat Gubernur Jendral sedangkan untuk yang pengelolaan Pemerintahan dilakukan oleh Pejabat setingkat Perdana Menteri . Selanjutnya, Ibukota negara ini adalah Wellington, walaupun ada kota lainnya yang lebih besar yaitu Auckland !

New Zealand mendapatkan Kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris pada tanggal 26 September 1907, sehingga bahasa resmi negara ini pun menggunakan Bahasa Inggris selain Bahasa Maori yang digunakan oleh penduduk asli di New Zealand ini. Selanjutnya, luas wilayah Negara ini adalah 268.680 km persegi dengan jumlah penduduknya sebanyak 4.149.670 jiwa (perkiraan tahun 2006) sehingga bisa diketahui jumlah kepadatan penduduknya adalah sebanyak 15 jiwa per km perseginya. Kemudian, Pendapatan Bruto (PDB) negara ini adalah sebesar US$96,18 miliar dan pendapatan per kapitanya adalah sebesar US$23.897. Sedangkan mata uang yang digunakan adalah New Zealand Dollar (NZD).

Apabila dilihat dari judul artikel ini adalah : New Zealand, Negara Kiwi maka bukan suatu alasan bila negara ini disebut juga sebagai Negara Kiwi. Mengapa ? Karena di negara ini juga ada sejenis burung yang species nya memang hanya ada di New Zealand. Nama burung ini adalah Burung Kiwi yang merupakan genus Apteryx (satu-satunya genus dalam famili Apterygidae). Selain nama burung, maka di Negara ini juga terkenal nama sejenis buah yang bernama juga Buah Kiwi yang merupakan genus Actinidia. Dimana aslinya genus ini berasal dari China. Atas dasar inilah, maka New Zealand terkenal sebagai Negara Kiwi.

Sumber : wikipedia.


TAGS


-

Author

Follow Me