Iceland, Negara Yang Selalu Dingin !

7 Sep 2008

Pagi ini sebelum aku makan sahur, aku melihat ada tamu dari kota Reykjavik yang membawa Bendera dari negara Iceland muncul baik di Flagcounter maupun di Neocounter yang ada di Blog ku. Berdasarkan catatanku maka Bendera Negara Iceland ini merupakan Negara ke 104 yang datang ke Blog ku. Bendera ini relatif cepat aku dapatkan, karena beberapa saat sebelum aku tidur aku mengunjungi Blog dimana pemiliknya adalah penduduk dari Iceland ini.

Bendera IcelandLetak IcelandPeta Iceland

Republik Iceland atau dalam Bahasa Indonesia biasanya disebut sebagai Republik Islandia (bahasa Islandia: Lveldi sland) atau Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

Menurut Wikipedia, Republik Iceland ini ber-Ibukotakan Reykjavik yang merupakan juga kota terbesar di Negara Pulau ini (yang datang berkunjung ke Blog ku berasal dari kota ini) dan merupakan suatu negara yang berbentuk Republik Parlementer dimana Kepala Negaranya adalah seorang Presiden dan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Lagu Kebangsaan Negara ini adalah Lofsngur dan Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Islandia sebesar 56% dan sisanya sebesar 44% menggunakan bahasa Perancis.

Negara ini mendapatkan Kemerdekaannya dari Denmark pada tanggal 1 Desember 1918 tetapi diakui Kemerdekaannya pada tanggal 17 Juni 1944. Selanjutnya, luas wilayah negara ini adalah sebesar 103.000 km persegi, dengan jumlah penduduknya hanya sebesar 312.872 jiwa saja (perkiraan Desember tahun 2007) sehingga tingkat kepadatan penduduknya hanyalah sebesar 3,1 jiwa per km perseginya (sepi banget nih negara ini bila di bandingkan dengan Indonesia !). Kemudian, Pendapatan Kotor negara ini adalah sebesar USD 16,579 milyar (berdasarkan perkiraan tahun 2006) dan pendapatan per kapitanya adalah sebesar USD 62.976 (kaya banget nih negara ini!) dan mata uang yang digunakan adalah Krone Islandia (dengan singkatannya adalah ISK).

Salah satu keunikan negara ini adalah tidak pernah ada Musim Panas dinegara ini (seperti judul postingan artikel ini : Negara yang selalu dingin!). keunikan lainnya adalah dalam hal pemberian nama untuk orang Iceland, karena pada umumnya nama belakang tidak dikenal di Islandia. Orang Islandia menggunakan patronim, di mana digunakan akhiran -son bila ia pria dan -dttir bila ia wanita.

Sebagai contoh, Jn Stefnsson mempunyai anak lelaki bernama Fjalar. Nama akhir Fjalar bukanlah Stefnsson seperti bapaknya, melainkan Fjalar Jnsson yang berarti Fjalar, anak laki-laki dari Jn. Hal yang sama berlaku bagi wanita. Apabila Jn Stefnsson mempunyai anak perempuan yang bernama Kata, maka nama belakangnya bukanlah Stefnsson, melainkan Jnsdttir. Dalam hal ini, namanya berarti Kata, anak perempuan dari Jn.

Sebagian besar nama belakang orang Islandia membawa nama ayahnya, namun dalam kasus tertentu, nama ibunyalah yang dipergunakan karena berbagai alasan. Terkadang si anak atau si ibu ingin memutuskan ikatan sosial dengan si ayah. Sejumlah feminis menggunakan hal ini sebagai sebuah pernyataan sosial. Sebagian yang lain memilihnya hanya karena masalah selera saja. Betapa pun juga, konvensinya tetap sama. Fjalar, anak laki-laki dari Brynds, akan menggunakan nama lengkap Fjalar Bryndsarson yang berarti Fjalar, anak laki-laki dari Brynds.

Di banyak negara orang memanggil orang lain dengan nama belakangnya, tetapi di Islandia orang memanggil orang lain dari nama depannya. Sebagai contoh ketika orang membicarakan tentang Halldr sgrmsson mereka tidak memanggilnya sgrmsson, tetapi Halldr, hampir sama dengan panggilan untuk orang di sebagian besar wilayah Indonesia.


TAGS


-

Author

Follow Me